Visi
Mewujudkan murid yang berkarakter B-SMART (Berakhlak, Santun, Mandiri, Aktif, Religius, Teladan,) Qurani
Indikator Visi:
Berakhlak
- Jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Suka menolong tanpa pamrih
- Sabar, tidak mudah marah, dan meminta maaf jika salah
Santun
- Berbicara sopan dan lembut kepada guru, orang tua, dan teman
- Menghormati perbedaan dan tidak mencela
- Menggunakan bahasa yang baik dan tidak kasar
Mandiri
- Mengambil inisiatif belajar tanpa disuruh
- Mengerjakan tugas tanpa tergantung orang lain
- Merapikan perlengkapan sekolah dan ibadah sendiri
Aktif
- Terlibat dalam diskusi, tanya jawab, dan kegiatan sekolah
- Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler secara rutin
- Mampu menyampaikan ide dan gagasan dengan percaya diri
Religius
- Melaksanakan sholat tepat waktu dan berjamaah
- Membaca dan menghafal Al-Qur’an secara rutin
- Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan serta menjaga adab ibadah
Teladan
- Menjadi contoh baik bagi teman dalam disiplin dan tanggung jawab
- Menjaga kebersihan dan kerapihan
- Mentaati tata tertib sekolah dan peraturan agama
Misi
Berdasarkan visi sekolah di atas, maka misi yang akan dilaksanakan PG-TK-SD-SMP Dar El Falah adalah sebagai berikut :
- Menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif
- Menyelenggarakan pendidikan berbasis Al-Qur’an dengan standar tahsin, tartil, dan hafalan minimal 3 Juz untuk SD
- Melaksanakan kurikulum nasional adaptif (IPAS, MIPA, Sosial, dan Bahasa) dalam nuansa Islami.
- Menyelenggarakan kegiatan untuk menumbuhan karakter melalui adab, pembiasaan ibadah, dan akhlakul karimah.
- Melaksanakan keterampilan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat dan life skill Islami.
- Menyelenggarakan berbagai program lingkungan pendidikan inklusif dan berketahanan iklim.
Tujuan
Tujuan PG-TK-SD-SMP Dar El Falah merupakan penjabaran dari visi dan misi lembaga, serta menjadi arah penyelenggaraan pendidikan untuk membentuk generasi Qurani yang unggul, berakhlak, dan berdaya saing global.
- Tujuan Jangka Pendek
- Meningkatkan kompetensi akademik peserta didik secara menyeluruh, didampingi dengan penguatan tahsin-tartil dan hafalan Al-Qur’an secara bertahap sesuai jenjang.
- Menghasilkan lulusan yang minimal hafal Juz 30 sampai 6 Juz, mampu membaca Qur’an dengan tartil, dan menampilkan akhlak Islami dalam kehidupan nyata.
- Menanamkan nilai-nilai Pancasila, ukhuwah Islamiyah, serta adab Islami dalam praktik harian melalui pembiasaan, teladan, dan refleksi.
- Menumbuhkan lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus, serta mendorong kesadaran lingkungan melalui program sekolah hijau dan pertanian organik.
- Memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mampu meningkatkan capaian anak
- Memperkuat upaya pencapaian profil kelulusan yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
- Tujuan Jangka Menengah
- Mengembangkan seluruh potensi peserta didik (kognitif, afektif, psikomotorik, sosial, spiritual) secara optimal sesuai tahap perkembangannya, dengan kolaborasi erat antara sekolah, keluarga, dan komunitas.
- Membekali peserta didik dengan penguasaan 6 literasi dasar: literasi baca-tulis, numerasi, sains, budaya & kewarganegaraan, digital, dan finansial — dalam perspektif Qurani.
- Mendorong minat dan kemampuan berliterasi numerasi yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan anak.
- Mengembangkan pembelajaran kecakapan hidup Islami (life skill) yang membentuk kemandirian, kepercayaan diri, keterampilan sosial, dan kepedulian lingkungan.
- Tujuan Jangka Panjang
- Mendidik siswa agar memiliki akidah yang lurus, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, mencintai ibadah, dan mengamalkan adab dalam seluruh aspek kehidupan.
- Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai Qurani secara integratif agar peserta didik memiliki dasar pengetahuan yang kokoh, pola pikir kritis-kreatif, serta keterampilan hidup untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan alam semesta.
- Menanamkan prinsip pembelajaran sepanjang hayat berdasarkan empat pilar UNESCO:
- Learning to know (belajar untuk mengetahui): menguasai ilmu sebagai bekal amal,
- Learning to do (belajar untuk berbuat): menerapkan ilmu dalam kehidupan nyata,
- Learning to be (belajar menjadi diri sendiri): menumbuhkan jati diri beradab,
- Learning to live together (belajar hidup bersama): menjunjung nilai ukhuwah dan toleransi dengan dasar iman.