Loading...
Visi

Mewujudkan murid yang berkarakter B-SMART (Berakhlak, Santun, Mandiri, Aktif, Religius, Teladan,) Qurani

Indikator Visi:

Berakhlak

  • Jujur dalam perkataan dan perbuatan 
  • Suka menolong tanpa pamrih
  • Sabar, tidak mudah marah, dan meminta maaf jika salah

Santun

  • Berbicara sopan dan lembut kepada guru, orang tua, dan teman
  • Menghormati perbedaan dan tidak mencela
  • Menggunakan bahasa yang baik dan tidak kasar

Mandiri

  • Mengambil inisiatif belajar tanpa disuruh
  • Mengerjakan tugas tanpa tergantung orang lain
  • Merapikan perlengkapan sekolah dan ibadah sendiri

Aktif

  • Terlibat dalam diskusi, tanya jawab, dan kegiatan sekolah
  • Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler secara rutin
  • Mampu menyampaikan ide dan gagasan dengan percaya diri

Religius

  • Melaksanakan sholat tepat waktu dan berjamaah
  • Membaca dan menghafal Al-Qur’an secara rutin
  • Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan serta menjaga adab ibadah

Teladan

  • Menjadi contoh baik bagi teman dalam disiplin dan tanggung jawab
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan
  • Mentaati tata tertib sekolah dan peraturan agama
Misi

Berdasarkan visi sekolah di atas, maka misi yang akan dilaksanakan PG-TK-SD-SMP Dar El Falah adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pembelajaran  yang inovatif
  2. Menyelenggarakan pendidikan berbasis Al-Qur’an dengan standar tahsin, tartil, dan hafalan minimal 3 Juz untuk SD
  3. Melaksanakan kurikulum nasional adaptif (IPAS, MIPA, Sosial, dan Bahasa) dalam nuansa Islami.
  4. Menyelenggarakan kegiatan untuk menumbuhan karakter melalui adab, pembiasaan ibadah, dan akhlakul karimah.
  5. Melaksanakan keterampilan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat dan life skill Islami.
  6. Menyelenggarakan berbagai program lingkungan pendidikan inklusif dan berketahanan iklim.
Tujuan

Tujuan PG-TK-SD-SMP Dar El Falah merupakan penjabaran dari visi dan misi lembaga, serta menjadi arah penyelenggaraan pendidikan untuk membentuk generasi Qurani yang unggul, berakhlak, dan berdaya saing global.

  1. Tujuan Jangka Pendek
  1. Meningkatkan kompetensi akademik peserta didik secara menyeluruh, didampingi dengan penguatan tahsin-tartil dan hafalan Al-Qur’an secara bertahap sesuai jenjang.
  2. Menghasilkan lulusan yang minimal hafal Juz 30 sampai 6 Juz, mampu membaca Qur’an dengan tartil, dan menampilkan akhlak Islami dalam kehidupan nyata.
  3. Menanamkan nilai-nilai Pancasila, ukhuwah Islamiyah, serta adab Islami dalam praktik harian melalui pembiasaan, teladan, dan refleksi.
  4. Menumbuhkan lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus, serta mendorong kesadaran lingkungan melalui program sekolah hijau dan pertanian organik.
  5. Memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mampu meningkatkan capaian anak
  6. Memperkuat  upaya pencapaian profil kelulusan yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

 

  1. Tujuan Jangka Menengah
  1. Mengembangkan seluruh potensi peserta didik (kognitif, afektif, psikomotorik, sosial, spiritual) secara optimal sesuai tahap perkembangannya, dengan kolaborasi erat antara sekolah, keluarga, dan komunitas.
  2. Membekali peserta didik dengan penguasaan 6 literasi dasar: literasi baca-tulis, numerasi, sains, budaya & kewarganegaraan, digital, dan finansial — dalam perspektif Qurani.
  3. Mendorong minat dan kemampuan berliterasi numerasi yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan anak.
  4. Mengembangkan pembelajaran kecakapan hidup Islami (life skill) yang membentuk kemandirian, kepercayaan diri, keterampilan sosial, dan kepedulian lingkungan.

 

  1. Tujuan Jangka Panjang
  1. Mendidik siswa agar memiliki akidah yang lurus, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, mencintai ibadah, dan mengamalkan adab dalam seluruh aspek kehidupan.
  2. Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai Qurani secara integratif agar peserta didik memiliki dasar pengetahuan yang kokoh, pola pikir kritis-kreatif, serta keterampilan hidup untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan alam semesta.
  3. Menanamkan prinsip pembelajaran sepanjang hayat berdasarkan empat pilar UNESCO:
  • Learning to know (belajar untuk mengetahui): menguasai ilmu sebagai bekal amal,
  • Learning to do (belajar untuk berbuat): menerapkan ilmu dalam kehidupan nyata,
  • Learning to be (belajar menjadi diri sendiri): menumbuhkan jati diri beradab,
  • Learning to live together (belajar hidup bersama): menjunjung nilai ukhuwah dan toleransi dengan dasar iman.